Cara Unik Membuat Keripik dari Bonggol Pisang yang Renyah

.
.









Uraian cara membuat keripik bonggol pisang di bawah ini memerlukan beberapa tahapan yang lumayan panjang. Mengingat, bonggol pisang memiliki kulit tebal dan getah yang terasa pahit. Dengan perlakuan yang baik dan benar, keripik bonggol pisang tak kalah gurih dan enaknya dengan keripik-keripik lainnya.

Bonggol pisang biasanya dibuang atau dijadikan sebagai pakan ternak. Di dalam bonggol pisang terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap bagi tumbuh kembang kita. Kandungan, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1 yang ada di dalamnya dibutuhkan oleh tubuh dan menyehatkan.
Cara membuat keripik bonggol pisang:
  1. Ambil bonggol pisang. Yang disebut bonggol pisang ini sebenarnya batang pohon pisang. Sedangkan yang biasa disebut batang pisang atau ‘gedebog’ adalah pelepah daun pisang. Alangkah baiknya kalau Anda memilih pisang dari jenis pisang kepok atau pisang raja.
  2. Bersihkan bonggol pisang dari kulit luarnya. Bagian kulit luar ini memang tebal sehingga mengupasnya juga harus tebal-tebal.  Ambil bagian yang berwarna putih.
  3. Potong-potong bonggol pisang sehingga membentuk balok.
  4. Iris tipis-tipis balok bonggol pisang tersebut.
  5. Lakukan perendaman irisan bonggol pisang tersebut dengan air biasa selama semalam. Tujuan perendaman ini supaya dihasilkan keripik yang renyah dan tidak terasa pahit. Getah yang terkandung di dalamnya akan terlarut pada air.
  6. Setelah perendaman selesai, siapkan adonan bumbu dari bahan-bahan tepung beras, telur, bawang putih dan garam. Dalam soal bumbu, bisa disesuaikan dengan selera Anda.
  7. Campur rata irisan bonggol pisang dengan adonan tepung dan bumbu. Aduk-aduk sampai rata.
  8. Lalu digoreng hingga terlihat coklat keputihan. Ini penggorengan pertama.
  9. Lakukan penggorengan sebanyak dua kali untuk menghasilkan keripik bonggol pisang yang renyah dan gurih.
  10. Tiriskan hasil penggorengan supaya minyak pada keripik berkurang.
  11. Keripik bonggol pisang siap dikonsumsi atau dikemas untuk dijual.

Cara membuat keripik bonggol pisang tersebut sudah dipraktekkan oleh para ibu rumah tangga dan para pelau industri rumahan. Sebagai pemenuhan gizi rumah tangga, keripik bonggol pisang sangat bagus diproduksi. Demikian pula sebagai bentuk usaha sampingan atau usaha rumah tangga, keripik bonggol pisang merupakan pilihan yang tepat. Bahan baku relatif mudah diperoleh di lingkungan sekitar. Daripada bonggol pisang dibuang percuma, alangkah baiknya dimanfaatkan untuk memperoleh nilai tambah.


Sumber : http://birdbody.blogspot.co.id/2014/09/uraian-cara-membuat-keripik-bonggol.html
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive