Cara Mudah Membuat Coklat Sendiri di Rumah dengan Alat Sederhana

.
.



Membuat Coklat Cukup di Rumah Sendiri
Membuat coklat dari biji kakao sebenarnya bukanlah proses yang mudah dan sederhana. Berbeda apabila anda membuat coklat dari bubuk coklat jadi yang bisa anda beli di toko dan supermarket. Pelaksanaan pembuatan coklat di pabrik membutuhkan seperangkat peralatan yang canggih dan cukup mahal. Namun bukan berarti Anda tidak bisa membuat coklat dari biji kakao dengan peralatan sederhana di rumah.
Lalu bagaimana cara membuat coklat dari biji di rumah Anda?
Yang pertama Anda lakukan adalah, Pesan Biji Kakao. Anda dapat memesan biji kakao dari petani atau memesan dari internet. Biji kakao yang Anda beli adalah yang sudah difermentasi. Jika ingin membeli dari petani sebaiknya Anda pastikan bahwa petani yang memproduksi biji tersebut sudah biasa menyupply ke perusahaan besar, sehingga mutunya terjamin.
Setelah biji kakao tersedia hal berikutnya adalah Proses Roasting. Pelaksanaan roasting atau sangrai biji kakao di pabrik membutuhkan peralatan canggih dan berharga mahal yang bisa mengolah biji kakao dalam volume yang cukup besar. Namun untuk pengolahan di rumah, Anda dapat memakai mesin roasting skala rumah tangga dengan harga yang cukup terjangkau atau bisa juga memakai Oven roti. Proses Roasting biji kakao menggunakan Mesin Roasting/ Mesin Sangrai skala rumah tangga cukup sederhana. Jalankan Mesin Roasting, nyalakan kompor pemanas dan tunggu sekitar 30 menit, atau Anda bisa meletakkan biji kakao di baki pemanggang lalu memasukkan ke dalam oven selama 5 sd 30 menit (kalau memakai oven roti), tergantung jumlah dan jenis biji serta aroma yang ingin diraih.
Membuang kulit luar. Bagian yang Anda peroleh untuk mendapatkan coklat adalah bagian kotiledon atau bagian dalam yang dilapis oleh kulit luar. Dimana kulit luar atau shell harus dipisahkan dan dibuang. Anda bisa menggunakan alat desheller skala rumah tangga maupun mini huller untuk mengupas kulit ari biji kakao. Apabila tidak memungkinkan Anda bisa menggunakan alat pemberat untuk menghancurkan kulit luar/ kulit ari biji kakao, lalu Anda dapat memisahkan menggunakan pengering rambut atau kipas angin untuk menyingkirkan kulit luar.
Grinding dan Refining. Setelah bagian dalam sudah Anda peroleh selanjutnya Anda menggilingnya (grinding) dengan menggunakan blender maupun bisa juga dengan mesin pemasta skala kecil yang cukup terjangkau. Setelah diperoleh hasil berbentuk seperti pasta Anda kemudian dapat mencampur dengan susu, gula dan bahan tambahan lainnya. Anda bisa menggunakan mixer namun dengan settingan rendah. Untuk coklat Anda harus melakukan goncangan yang lambat namun berlangsung selama 12 jam secara konsisten.
Pencetakan/ Molding. Adonan cokelat siap cetak melewati proses kondisioning agar diperoleh hasil cetakan yang sempurna. Pada tahap awal, adonan melewati pemanas dari suhu 33 oC menjadi 48 oC selama lebih kurang 10 – 12 menit. Anda bisa menggunakan microwave atau oven dengan pengatur suhu. Pada tahap ini seluruh kristal lemak di dalam adonan diharapkan mencair. Setelah itu adonan cair masuk ke pendingin sehingga suhu adonan turun secara perlahan menjadi 33 oC untuk pembentukan kristal lemak yang teratur. Sambil dituang ke dalam cetakan, suhu adonan akan terus turun sampai 26 oC. Di dalam cetakan suhu adonan akan meningkat kembali mendekati suhu kamar. Adonan cokelat dalam cetakan dimasukkan dalam lemari pendingin bersuhu 20 oC selama 30 menit agar adonan menjadi beku. Adonan padat dilepaskan dari cetakan dengan cara membalik cetakannya dan cokelat batangan akan terlepas.
Nah, silahkan bereksperimen di rumah masing-masing..
Selamat mencoba.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive