Loading...

Cara membuat Kecap Kedelai Hitam Sendiri di Rumah

Sponsored Links
.
Loading...




kecap kedelai merupakan salah satu olahan yang bisa kita buat dari kedelai. Pada artikel berikut ini saya akan berbagai informasi mengenai cara membuat kecap kedelai. Semoga dengan mengetahui informasi ini menjadi inspirasi bagi kita untuk mengolah kedelai menjadi berbagai macam olahan lainnya.

Pada postingan sebelumnya saya sempat mengulas berbagai hal mengenai olahan kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai dan lainnya. Nah untuk kali ini khususnya kita akan bahas mengenai kecap kedelai. Namun sebelum itu ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu manfaat yang terkandung di dalam kedelai sebagai bahan dasar dari kecap kedelai. 

Untuk membuat kecap kedelai sebenarnya tidak terlalu rumit. Selama ini kita menganggapnya sulit karena memang kita tidak mengetahui caranya. Nah untuk membantu anda semua dalam mempelajari cara membuat kecap kedelai, ada baiknya anda baca langkah-langkah dalam membuat kecap kedelai berikut ini.


Bahan Untuk Membuat Kecap Kedelai

1. 1 Kg kedelai hitam (bisa kedelai hitam ataupun putih)
2. 800 gram garam dilarutkan dengan 4 liter air
3. 3 gram jamur tempe
4. 1 1/2 liter air bersih
5. 6 Kg gula merah
6. 2 lembar daun salam
7. 1 lembar daun jeruk
8. 1 batang serai
9. 1 sdt pokak yang telah dihaluskan
10. 1/4 potong laos yang telah dihaluskan

Cara Membuat Kecap Kedelai


1. Siapkanlah 1 kg kedelai untuk membuat kecap dan pilihlah kedelai dengan kualitas terbaik untuk menghasilkan kecap dengan kualitas terbaik juga.

2. Cucilah kedelai yang telah anda siapkan sampai bersih, selanjutnya rendamlah selama 1x24 jam. Hal ini bertujuan agar kedelai menjadi lunak dan kulit arinya mudah terlepas.

3. Selanjutnya rebuslah kedelai hingga mendidih. Hal ini juga bertujuan agar kulit ari kedelai mudah terlepas.

4. Lalu bilaslah kedelai dengan air bersih sambil diremas-remas dan pastikan semua kulit kedelai telah terlepas.

5. Selanjutnya tiriskanlah di tempat yang berpenampang lebar hingga kedelai benar-benar dingin. Dan pastikan kedelai telah benar-benar dingin sempurna agar setiap jamur tempe yang kita tebarkan tidak mati. 

6. Berikutnya taburkan jamur tempe ke kedelai yang sedang ditiriskan sambil diaduk agar jamur tempe tercampur rata ke seluruh kedelai.

7. Selanjutnya simpanlah kedelai yang telah di campur jamur tempe ke ruangan yang bersuhu 25-30 derajat Celcius. Lakukan penyimpanan ini selama 3 hingga 5 hari.

8. Setelah kedelai yang telah kita simpan ditumbuhi jamur tempe, anda bisa menambahkan larutan garam sebanyak 800 gram yang dicampur dengan 4 liter air bersih. Lalu diamkanlah adonan kecap ini selama 3-4 minggu pada suhu ruangan.

9. Setelah didiamkan selama 3-4 minggu (maksimal 2 bulan), lalu tuangkanlah air bersih. Rebuslah campuran ini hingga mendidih kemudian saringlah dengan kain penyaring.

10. Rebuslah kembali hasil saringan adonan kecap tadi kemudian tambahkan bumbu dari nomor 5 sampai nomor sepuluh. Lakukan adukan perlahan agar gula merah mencair dan bahan-bahan lain juga tercampur merata.

11. Untuk penambahan gula merah tergantung dari kebutuhan kita. Jika anda ingin membuat kecap manis maka anda membutuhkan 2 kg gula merah untuk setiap liter sari adonan kecap yang direbus kembali pada langkah nomor 10. Jadi jika anda merebus 2 liter sari adonan kecap berarti anda membutuhkan 4 kg gula merah dan berlaku kelipatannya.

12. Sedangkan jika anda ingin membuat kecap asin maka anda hanya membutuhkan 2,5 ons gula merah untuk setiap liter sari adonan kecap yang direbus kembali. Berlaku untuk kelipatannya.

13. Proses perebusan adonan kecap dihentikan  bila adonan kecap sudah mendidih dan tidak ada buih lagi. Lalu saringlah menggunakan kain saringan.

14. Kecap pun sudah siap untuk di konsumsi dan di jadikan bumbu penyedap dalam setiap masakan anda.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa langkah dalam membuat kecap kedelai. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. 

Sumber : http://www.tiportips.com/2013/06/Tips-Cara-Membuat-Kecap-Kedelai-Sendiri.html
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter