Cara Mudah Menumbuhkan Pohon Kurma Dari Biji

.
.



 Menumbuhkan pohon kurma dari biji tidaklah sulit, namun dengan mengetahui cara atau teknik yang tepat akan mempercepat proses perkecambahan biji kurma. Memang budidaya buah kurma secara besar-besaran di negara kita belum banyak yang memulai. Sehingga membudidayakan pohon palem kurma / Phoenix dactylifera merupakan peluang atau prospek agrobisnis jangka panjang yang sangat cerah untuk di lakukan di indonesia.
Bibit Kurma Deglet Nour Usia 1 bulan



Mengingat akan daya hidup palem Phoenix dactylifera tergolong cukup lama, jika dirawat dengan baik akan tetap berproduksi dan bertahan hidup hingga mencapai usia ratusan tahunCara membudidayakan palem kurma  dengan metode menumbuhkan dari biji tergolong sangat murah dan dapat dilakukan oleh kebanyakan orang.

Jika pohon-pohon kurma yang tumbuh secara tidak disengaja dari biji yang dibuang setelah kita memakannya rata-rata pohon kurma tersebut berkelamin jantan. Dan untuk memiliki palem kurma agar dapat memproduksi buah hanyalah dari pohon kurma betina. Untuk itu menanam kurma dari biji sangat disarankan dengan jumlah yang banyak, ini karena rasio jantan dan betina pohon kurma yang ditumbuhkan dari biji rata-rata 60 - 80% adalah pohon jantan.

buah kurma unggul biji kurma deglet nour



Meskipun biji kurma yang telah ditumbuhkan nantinya adalah pohon kurma berjenis kelamin  jantan jumlahnya lebih banyak, namun pohon tersebut masih memiliki manfaat jauh lebih besar dari yang belum diketahui oleh kebanyakan orang. Palem kurma jantan selain memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan, Pohon kurma jantan sering dijadikan hiasan , landscape atau untuk menghijaukan jalan-jalan di kawasan perumahan elite dan harga pohon kurma bisa mencapai harga 20 - 60 juta/pohon, harga ini tergolong sangat mahal tergantung dari tinggi batang dan jenisnya.

Nah, jika anda tertarik untuk membudidayakan dan ingin mengetahui cara menumbuhkan biji palem kurma, silakan simak artikel pada blog organikilo.co hingga akhir :) . Semoga dengan mengetahui cara menumbuhkan palem Phoenix dactylifera dapat membawa berkah untuk kita beserta makhluk lainnya.

Langkah-Langkah Sebelum Menumbuhkan Biji Kurma


Langkah pertama untuk menumbuhkan biji buah kurma yang harus anda persiapkan adalah memiliki "BIJI KURMA" , anda bisa memperoleh biji kurma dengan cara membeli buah di pasaran atau impor biji kurma unggul yang anda kehendaki jenisnya. Sebelum memulai menumbuhkan palem Phoenix dactylifera  dari biji, mungkin ada baiknya langkah pertama adalah menentukan jenis buah kurma.

Jenis kurma yang dapat anda pilih adalah: Ajwa (kurma nabi) , Medjool , Zahidi , Deglet nour , Khalas , Khenaizi , Khadrawi dan masih ribuan jenis kurma lainnya. Namun diantara banyaknya jenis buah kurma hanya beberapa yang memiliki nilai jual tinggi, untuk saat ini admin sudah mulai menumbuhkan kurma Ajwa , Medjool , Zahidi , Deglet nour , Khalas , Khenaizi dan lulu. Silakan anda tentukan sendiri jenis kurma faforit apa yang akan ditumbuhkan.

Langkah-langkah untuk menumbuhkan biji kurma berdasarkan pengalaman pribadi organikilo.co antara lain :

1 - Persiapan Jenis Biji
2 - Membersihkan sisa-sisa daging buah yang menempel
3 - Perendaman / Merendam
4 - Proses Perkecambahan
5 - Pemindahan bibit

Persiapan Biji Kurma


Untuk mempersiapkan biji kurma yang akan ditumbuhkan, seperti uraian di atas anda dapat membeli buah kurma di pasaran atau dengan cara impor biji/benih kurma. Sebaiknya tanamlah bibit kurma yang memiliki nilai jual tinggi baik itu buahnya atau pohonnya seperti:  Ajwa , Medjool , Zahidi , Deglet nour dan Khalas. Menurut beberapa literatur di forum-forum kurma luar negeri, pohon palem kurma tersebut memiliki harga jual buah  dan pohon yang bagus.

Membersihkan Biji Kurma dari Sisa-Sisa Daging Buah


Membersihkan biji kurma dari sisa-sisa daging buah sangatlah penting, cara ini dilakukan untuk memperoleh persentasi % daya kecambah yang tinggi. Sisa-sisa daging buah yang menempel pada biji dapat menimbulkan tumbuhnya jamur, atau dapat mengundang semut dan kutu putih untuk memakan serta merusak biji sebelum berkecambah. Pengalaman yang pernah kami alami adalah tumbuhnya jamur pada biji kurma serta rusaknya biji akibat di makan semut hitam sebelum biji sempat berkecambah.


Mencuci dan di rendam biji kurma deglet



Cara terbaik untuk membersihkan biji kurma dari sisa-sisa daging buah adalah dengan mencucinya menggunakan air dan pasir halus, hingga kondisi biji benar-benar bersih dari sisa-sisa daging buah.

Perendaman / Merendam Biji


Setelah biji kurma dicuci bersih, langkah berikutnya adalah melakukan perendaman atau merendam biji menggunakan air bersih ( **admin menggunakan air mineral dalam kemasan ) hingga 5 x 24 jam. Air untuk merendam biji kurma setiap 24 jam sekali harus diganti dengan air yang baru, untuk mempercepat proses perkecambahan biji kurma pada hari ke 4 sebaiknya menggunakan campuran air dan ZPT ( Zat Pengatur Tumbuh Organik) sesuai takaran.

Rendam biji kurma Ajwa & Deglet kedalam air bersih



Untuk mengurangi tingkat kegagalan dalam perkecambahan biji, sebaiknya hindari menggunakan air yang bersumber dari PDAM, ini dikarenakan air yang di salurkan oleh PDAM terdapat kandungan zat kaporit dan kurang tepat untuk proses perkecambahan biji. Gunakanlah air sumur yang tidak tercemar atau yang terbaik menggunakan Air Mineral dalam kemasan.

Proses Perkecambahan Biji


Pada tahap atau proses perkecambahan dapat anda lakukan dengan dua metode, yaitu menyemai biji yang telah melewati langkah perendaman 5 hari sebelumnya, bisa langsung disemai pada pot menggunakan campuran cocopeat dan pasir yang di tutup tipis menggunakan cocopeat. Atau biji ditumbuhkan / dikecambahkan terlebih dahulu akarnya menggunakan wadah / tupperware yang dilapisi tissue basah pada bagian dasarnya kemudian tutup rapat dan simpan pada tempat gelap.

Biji kurma semai di pot dengan cocopeat



Proses perkecambahan menggunakan tissue basah ini biasanya membutuhkan waktu 2-4 minggu, setelah tumbuh dengan kepanjangan akar 5-10 cm baru dipindah ke media tanaman, baik itu menggunakan pot atau polybag. Namun cara yang admin gunakan sekarang adalah menyemai langsung biji-biji yang telah direndam menggunakan pot, tanpa melewati proses perkecambahan terlebih dahulu, setelah tumbuh satu daun baru proses memindahkan di polybag.

Media Tanam Untuk Bibit Kurma


Campuran media tanam untuk bibit kurma sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang memiliki porositas bagus, artinya media untuk menanam bibit kurma ketika disiram maka air langsung turun keseluruhan. Campuran media tanam menggunakan Pasir, Kompos (bokashi), cocopeatdan arang sekam padi, namun campuran tersebut tidak baku anda dapat menggunakan bahan-bahan lain yang memiliki porositas terbaik. Sebagai perbandingan campuran media tanam adalah 2:1:1 ( pasir 2 , Kompos 1 dan arang sekam 1 ).

menumbuhkan Bibit kurma Khalas 1 daun

Campuran media tanam yang bagus merupakan faktor penting untuk mencukupi segalakebutuhan unsur hara bagi tanaman agar mempercepat pertumbuhan kurma menjadi bongsor. Ini karena rata-rata jenis palem kurma memiliki daya kecepatan tumbuh adalah sedang hingga sangat lambat jika kecukupan segala jenis unsur hara serta faktor pengairan kurang.




Sumber : http://www.organikilo.co/2015/06/cara-menumbuhkan-pohon-kurma-dari-biji.html
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive