Cara Membuat Semangka Berbentuk Cinta (Love)

.
.



Budidaya semangka berbentuk cinta atau hati bukanlah hal baru di dunia pertanian. 5 tahun silam, Taman wisata buah mekarsari di jonggol, bogor telah sukses budidaya semangka, melon dan pamelo berbentuk kotak dan bintang. Sedangkan di jepang sendiri tahun 80 an telah memodifikasi semangka berbentuk kotak. Akan tetapi yang dilakukan mekarsari dalam membentuk buah semangka dan melon menggunakan bahan akrilik polimer semacam plastik yang mirip kaca. Kelebihan akrilik ini lebih unggul dibandingkan dengan plastik ataupun kaca karena tidak mudah berubah bentuk dan tak mudah pecah. Adapun cara budidaya semangka atau melon berbentuk cinta atau kotak caranya sama saja dengan budidaya semangka secara konvensional dan bisa dilakukan pada semangka biji atau non biji, yang berbeda adalah perlakuan saat tanaman mulai berbuah saja. Ada pun bahan dan teknik  yang diperlukan untuk membuat semangka bentuk hati adalah sebagai berikut :

Bahan yang diperlukan hanyalah akrilik berbentuk hati atau cinta yang telah di lubangi 
besi panas. 

Teknik membuat semangka cinta

1. Pilih bunga atau bakal buah di ruas daun ke-13 sampai ke-22 .Bakal buah harus dipilih di ruas daun ke - 13 sampai 22, hal ini dilakukan karena buah yang muncul di sebelum ruas ke-13 kualitasnya kurang optimal karena bunga muncul saat umur tanaman masih muda.  Sebalik nya bunga yang muncul di ruas ke-23 dan seterusnya terlalu tua. Buang bunga yang muncul sebelum ruas ke-13 dan setelah ruas ke-23. Ini bertujuan agar nutrisi terfokus pada buah yang akan kita jadikan semangka cinta.  

teknik rempel bunga agar semangka buahnya tumbuh subuh

2. Pada umur 40 hari, atau buah seukuran telur ayam kampung, masukkan ke dalam stoples akrilik yang telah dilubangi besi panas.

Cara mudah budidaya semangka cinta
3. Amati setiap hari pertumbuhan buah selama 20 hari. Buah yang terlalu subur dihambat pertumbuhan dengan memijat batang. Dengan demikian aliran air dari tanah ke buah terhambat sehingga pertumbuhan buah melambat.


perlakuan agar semangka bentuk cinta dan kotak

4.  Panen semangka cinta pada umur 60 hari.

Hasil panen budidaya semangka cinta

“Ini terobosan untuk pasar buah eksotis pada momentum tertentu yang bisa dilakukan pekebun,” kata Edhi. Sebut saja semangka atau melon berbentuk hati untuk hari Valentine, sementara bentuk bintang untuk momentum kenaikan kelas sebagai hadiah atas prestasi anak.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.