Cara Kawin Silang Tanaman Padi

.
.


Cara mengawinkan benih padi tidaklah sulit hanya membutuhkan keuletan dan ketelatenan. Karena pekerjaan yang paling menenangkan adalah bertani. Kawin padi bertujuan mendapatkan benih padi unggul. Karena penelitian membuktikan hasil tanam padi  akan lebih maksimal jika benih padi unggul dikawin silang terlebih dahulu.

Sebenarnya postingan ini bukan bersifat menggurui tetapi hanya sekedar membagikan informasi dan hanya konsep saja. Tetapi postingan yang saya berikan ini akan lebih bermanfaat jika langsung dipraktekkan. Langsung saja ya
  1. Pilihlah dua varietas yang akan dikawinkan dengan pertimbangan yang matang. Misalkan jika anda berkeinginan mendapatkan padi yang menghasilkan banyak seperti 07 tetapi memiliki cita rasa yang agak harum seperti mentik wangi. Maka pilihlah padi dengan pertimbangan yang anda inginkan.
  2. Setelah itu anda tanam kedua jenis varietas yang hendak dikawinkan, sampai keluar malai atau bunga padi. Masih bisa diterawang tetapi sudah berbentuk buliran beras walaupun belum berisi. 
    Cara Kawin Silang Benih Padi
    Bunga Padi
  3. Ambil alat kelamin jantan bunga padi atau disebut benangsari yang terlihat menjuntai dengan tusuk gigi. Hati hati jangan sampai terkena bagian sensitif atau alat kelamin betina ikut terambil. Ingat yang diambil hanya yang jantan.
  4. Lakukan hal yang sama kepada semua butir padi yang berdekatan. Atau jika tidak ya buang saja butir padi yang tidak dibuang alat kelamin jantannya atau benangsari. Sehingga sekarang kita memiliki padi yang hanya berjenis kelamin betina. Kemudian tutup dengan plastik jangan sampai diganggu pejantan lain.
  5. Pada tanaman satunya lagi periksalah kondisi serbuk sari apakah sudah matang atau belum. Jika sudah matang atau sudah terbuka sendiri masukkan serbuk sari kepada putik atau kedalam plastik tadi dengan perlahan - lahan sampai terjadi pembuahan.
  6. Setelah disilangkan, berilah tanda hasil persilangan supaya kita tidak bingung pada saat persilangan.
  7. Setelah itu berarti perkawinan sudah selesai. Sekarang masuk pada tahap seleksi hasil padi.
  8. JIka ditemukan ternyata hasil persilangan tidak unggul dan unggul maka pilihlah hasil padi yang unggul dan buang yang tidak unggul. 
  9. JIka anda bertanya bagaimana mengetahui padi yang unggul dan tidak unggul, jawabannya adalah dengan menanam hasil persilangan tadi dan pisahkan untuk setiap malai. Yang hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan itu dinamakan bibit padi unggul
  10. Perlu di ingat untuk mendapatkan padi yang benar benar kita inginkan maka sebaiknya lakukan berkali - kali.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive