Usir Nyamuk Dengan Tanaman Zodia

.
.
TANAMAN PENGUSIR NYAMUK -- Mungkin popularitas tanaman Zodia masih kalah terkenal dengan Lavender. Namun Keampuhan tanaman Zodia tidak kalah dengan salah satu manfaat Lavender yaitu mengusir nyamuk. Tanaman asli kawasan Papua ini termasuk dalam kategori tanaman jeruk-jerukan atau suku Rutaceae. Tanaman Zodia yang merupakan tanaman berkayu ini sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat Papua untuk mengusir nyamuk, dengan cara mengusapkannya ke kulit tubuh. Nah anda juga dapat menanam tanaman Zodia ini dirumah untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya.

Selain dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk dengan digosokkan, tanaman Zodia yang ditanam juga bisa memberikan efek pengusir nyamuk.  Cara kerja pengusir nyamuk tanaman zodia ini berasalh dari aroma yang keluar dari pohon ini pada  saat daun-daun zodia bergesekan. Saat daun zodia bergesekan akan mengeluarkan aroma yang  mampu mengusir nyamuk.

Cara Menanam Tanaman Zodia

Cara menanam tanaman Zodia ini bisa dilakukandi dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan (indoor plant) dan juga ditanam di luar ruangan atau outdoor. Jika pohon zodia jika dibiarkan tumbuh dengan bebas mampu mencapai ketinggian sekitar 2 meter.

Untuk perkembangbiakan tanaman zodia bisa dilakukan dengan cara stek dan biji. Stek adalah salah satu yang dapat digunakan untuk memperbanyak atau pembibitan zodia. Biji tanaman zodia bisa diperoleh dari tanaman yang sudah berbunga dan berbiji. Secara alami  biji Zodia akan jatuh dan tumbuh di sekitarnya. warna daun zodia hijau agak kekuningan, pipih panjang tapi lentur dan menyejukkan mata yang memandang.

Syarat Tumbuh Tanaman Zodia

Untuk menanam tanaman Zodia, berikut ini adalah syarat tumbuh tanaman Zodia dan cara perawatannya :

  -  Tanaman Zodia memerlukan Cahaya matahari . Jadi jangan tempatkan tanaman zodia di area yang sulit dijangkau oleh cahaya matahari. Namun juga tidak boleh terlalu banyak cahaya matahari langsung.
   - Pemupukan tanaman Zodia. Untuk memupuk zodia yang baik digunakan pupuk kompos atau pupuk kandang untuk merangsang akar-akar zodia. Jangan lupa untuk memberi pupuk pada zodia dua minggu sekali.
  - Jika tanaman zodia ini sudah cukup besar, anda dapat memindahkan zodia ke dalam pot yang lebih besar. Atau, jika anda memiliki halaman yang cukup luas, akan jauh lebih baik jika zodia dapat langsung ditanam tanpa pot.
   - Saat sudah cukup berumur, sekitar enam bulan, frekuensi penyiraman dapat harus ditambah. Semakin besar tanaman akan semakin banyak pula unsur air yang dibutuhkan.



Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive