Mengenal Buah Apel, Buah dengan 7493 Spesies di Dunia

.
.
gambar-apel.jpg



Pohon Apel

Apel (Malus domestica) adalah buah dari pohon apel yang masih sekeluarga dengan famili Rosaceae. Apel berasal dari Asia Tengah dan memiliki sebanyak 7.493 spesies. Kini, setidaknya 55 juta pohon apel ditanam di seluruh dunia di mana yang terbanyak berada di China, Amerika Serikat, Iran, Turki, Rusia, Italia, dan India.
Pohon apel mampu tumbuh dengan ketinggian antara 3 sampai 12 meter. Batang pohon ini cukup kokoh dengan ranting yang tebal. Daun apel berbentuk oval, bertekstur kasar di bagian atas dan halus di bagian bawah, dengan panjang 5-12 cm dan lebar 3-6 cm.
Bunga apel berwarna putih hingga merah muda dan keluar saat musim semi selanjutnya berkembang menjadi buah, lalu buah matang di musim gugur dengan diameter 5-9 cm. Di dalam sebuah apel, ada 5 selubung biji yang membungkus sekitar 1-3 biji per selubung.
Di Indonesia, pohon apel mulai banyak dibudidayakan oleh para petani. Apel merupakan buah yang mahal dan menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Selain dijual secara mentah, banyak pembudidaya yang juga mengolah apel-apel miliknya sehingga memiliki nilai jual yang lebih baik. Misalnya apel diolah menjadi minuman apel, jus apel, sari apel, selai apel, dan pai apel.
Apel adalah tumbuhan di dalam kelompok Maloideae yang merupakan sub-famili dari Rosaceae. Ini berarti, apel masih berkerabat dekat dengan pir. Beberapa varietas apel yang cukup populer antara lain fuji, gala, golden delicious, grnny smith, jonagold, mcintosh, pink lady, red delicious, winesap, dan cox orange dippin. Sedangkan untuk varietas-varietas apel yang banyak dipilih oleh para petani di Indonesia adalah rome beauty, manalagi, dan juliet organic.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive