Cara Membuat Stik dari Biji Nangka

.
.

Meningkatkan Nilai Tambah Biji Nangka Dibuat Stik

bbppl-bijinangka-bijinangka










Saat ini sudah banyak jenis olahan makanan yang berbahan baku dari buah nangka, misalnya nangka yang masih muda biasanya dibuat gudegsedangkan untuk nangka yang sudah matang dengan rasa yang manis aromanya tajam khas nangka biasanya dibuat dodol nangka, keripik nangka dan lain-lain.Dengan adanya berbagai jenis olahan dari buah nangka ini, terdapat hasil samping yang belum termanfaatkan secara optimal khususnya untuk nangka yang sudah matang penuh yaitu berupa biji nangka.
Berdasarkan sumber dari Direktorat Gizi Kementerian Kesehatan, di dalam biji nangka terkandung zat-zat gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Adapun kandungan gizi setiap 100 gram biji nangka adalah zat besi (200 mg), vitamin B1 (0,20 mg), kalori (165 kal), protein (4,2 gram), lemak (0,1 mg), karbohidrat (36,7 mg), kalsium (33,0 mg), fosfor (1.0 mg), vitamin C (10 mg), dan air (56,7 gram).
Di Jawa Barat, biji nangka dikenal dengan nama beton, biasanya pemanfaatannya hanya cukup direbus dengan ditambah garam atau dibakar dan langsung dikosumsi tanpa ada perlakuan lebih lanjut. Salah satu upaya untuk menanggulangi melimpahnya biji nangka, maka dicoba untuk dimanfaatkan dengan cara diolah menjadi stik biji nangkaMakanan ringan dalam bentuk stik merupakan makanan yang cukup digemari masyarakat. Stik biji nangka memiliki rasa yang enak/gurih, sehingga cocok dikonsumsi pada berbagai kesempatan.Pembuatan stik biji nangka merupakan salah satu alternatif pemanfaatan hasil samping buah nangka dengan tujuan: 1) Diversifikasi pengolahan biji nangka, 2) Dapat meningkatkan nilai ekonomis dari biji nangka, dan 3) Dapat menambah lapangan kerja.
Prinsip dasar pembuatan stik biji nangka adalah suatu proses penghancuran biji nangka dengan penambahan tepung terigu dan bahan lainnya dan diakhiri proses penggorengan, maka akan diperolah stik biji nangka yang renyah dan memiliki rasa yang khas (gurih). Adapun tahapan pembuatan stik biji nangka adalah sebagai berikut:
      Alat: panci, timbangan, pisau, baskom plastik, talenan, wajan penggorengan dan pengaduk, kompor, saringan peniris minyak, tampah, cobek, dan hand sealer.

Bahan: 
Biji nangka halus (500 gram), tepung terigu (500 gram), bawang putih (50 gram), mentega (200 gram), minyak goreng (2liter), kuning telur (1 butir), dan garam secukupnya.
Langkah kerja:
bbppl-bijinangka1
Stick Biji nangka
  1. Siapkan alat yang diperlukan dalam keadaan bersih dan siapkan bahan-bahan sesuai kebutuhan
  2. Pilih biji nangka yang bagus kemudian cuci sampai bersih
  3. Rebus biji nangka selama 30 menit (hingga empuk)
  4. Kupas kulit biji nangka sampai bersih
  5. Haluskan bawang putih dan biji nangka dengan cara ditumbuk atau diulek sampai betul-betul halus
  6. Campurkan biji nangka halus, bawang putih halus, terigu, kuning telur, mentega, dan garam lalu aduk sampai rata dan kalis
  7. Bentuk lembaran-lembaran dan potong-potong memanjangmenggunakan cetakan cheesestick
  8. Cetak/iris lembaran tadi seperti mie atau sesuai kebutuhan
  9. Goreng hingga matang (harus terendam oleh minyak)
  10. Kemas dalam plastik kemudian disealer dan beri label.
Dari hasil yang diperoleh, stik biji nangka cukup lezat dan renyah. Dengan menambah beberapa bahan tambahan biji nangka yang telah dikukus dapat menjadi stik biji nangka yang layak untuk dijual dengan rasa yang khas biji nangka, sehingga dengan demikian dapat meningkatkan nilai tambah dan nilai ekonomi dari biji nangka.
Selamat Mencoba.
Sumber : http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/963-meningkatkan-nilai-tambah-biji-nangka-dibuat-stik
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive