10 Jenis Tanaman Hias Penyerap Polutan Di Sekitar Rumah

.
.


10 Jenis Tanaman Hias Penyerap Polutan Di Sekitar Rumah

Memiliki hobi berkebun membawa manfaat yang banyak sekali. Baik itu berkebun tanaman sayur dan buah, maupun tanaman hias. Berkebun sayur dan buah selain membantu menyejukkan rumah dan halaman, hasilnya juga bisa dinikmati bahkan menjadi usaha rumahan berskala kecil. Sedangkan berkebun tanaman hias, selain tentunya berguna untuk lingkungan dan penghijauan, juga membantu menghilangkan stress dan memperindah tampilan rumah. Bila diseriusi, menanam tanaman hias juga bisa menjadi lahan usaha rumahan yang menyenangkan sekaligus menguntungkan untuk dilakukan.

Namun ternyata, bertanaman tanaman hias juga membawa manfaat yang banyak selain untuk memperindah tampilan rumah. Banyak sekali jenis-jenis tanaman hias yang tak hanya indah dipandang mata, juga memiliki fungsi sebagai penyerap polutan yang ada di sekitar rumah kita. Formaldahida, volatil organic compounds, karbon monoksida, nitrogen oksida, pestisida, benzin, sylen, dan disinfektan adalah polutan yang banyak terdapat di sekitar kita, termasuk di dalam rumah. Polutan ini bisa menimbulkan berebagai gejala penyakit, seperti sakit kepala, alergi, mudah lelah, dan bahkan kanker.

Berikut ini 10 jenis tanaman hias yang menurut penelitian ilmuwan mampu menyerap polutan yang banyak bertebaran di sekitar rumah kita.


 1.       Areca Palm (Chrysalidocarpus Lutescents).
Jenis tanaman palem ini dikenal dengan Palem kuning. Palem kuning dikenal sebagai sebagai tanaman pembersih udara alami, sehingga udara disekitar rumah lebih bersih, segar, dan tentunya lebih sehat. Palem jenis ini terutamanya mampu membersihkan udara dari zat yang mengandung formaldahida,benzema, dan karbon monoksida. Sangat baik di tanam di rumah atau lingkungan yang banyak perokoknya.






2.        Lidah Buaya /Aloe Vera (aloe barbadensis miller)
Siapa tidak kenal dengan Lidah Buaya? Salah satu jenis tanaman yang mudah penanaman dan perawatannya, dan juga mempunyai banyak manfaat. Lendir lidah buaya digunakan sebagai obat tradisional untuk luka bakar dan juga penyubur rambut, dan banyak lagi kegunaannya sebagai tanaman obat. Namun diluar itu, ternyata, lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang mampu menyerap polutan jenis formaldahida dari udara.



3.       Baby Rubber/Karet Hias (peperomia obtusifolia atau ficus robusta)

Daunnya yang berwarna hijau muda dan saat dipegang terasa kenyal seperti karet., membuat tanaman ini disebut dengan tanaman karet hias. Memiliki nama latin Ficus Robusta untuk jenis pohonnya (tinggi besar), sedangkan jenis tanaman karet hias yang digunakan sebagai tanaman hias dalam pot disebut juga baby rubber (peperomia obtusifolia).   Tanaman Karet Hias mampu menyerap formaldahida dari udara.






4.       Bamboo Palm/ Palem Bambu ( Chamaedorea seifrizii)
Tanaman hias ini mampu menyerap formaldahida dari udara sekaligus berfungsi sebagai  pelembab  ruangan. Jenis Palem Bambu menyukai cahaya terang dan lingkungan lembab sebagai tempat tumbuhnya. Tetapi pohon hias ini tidak suka terlalu sering disirami.

5.        Boston Fern/Pakis Boston (Nephrolepis exaltata)
Jenis pakis yang satu ini melalui stomatanya, mampu menyedot polutan jenis formadahida dan xylene. Tanaman yang masih satu keluarga dengan jenis suplir ini memiliki tampilan fisik yang spesifik sehingga mudah dikenali. Tiap helai daunnya memiliki beberapa helaian daun lagi yang teerlihat seperti berjumbai-jumbai. Tanaman hias ini cantik ditanam dalam pot dan pot gantung.


6.        Chinese Evergreen (Sri Rejeki/Aglaonema)
Tanaman hias satu ini menyedap polutan formaldahida, benzema, dan polutan lainnya. Selain itu, Sri Rejeki juga mensuplai kandungan oksigen yang cukup tinggi untuk sekitarnya serta mampu menyejukkan udara.   





7.       Andong, dikenal juga dengan Hanjuang (Cordyline)
Tanaman andong selain sebagai tanaman hias, juga merupakan salah satu tanaman obat. Tak hanya itu Andong juga berfungsi sebagai penyerap polutan jenis formaldahida dan membersihkan udara.






8.       Palem Kurma Mini (palem Punik)
Jenis palem yang satu ini selain tampilanna yang cantik sebagai tanaman has, ternyata menyerap polutan formaldahida dan xylen


9.       Lili (selendang Putih atau Peace Lili)
Tanaman ini mudah perawatannya asal ditempatkan dibawah naungan/ tidak terkena atahari langsung dan cukup air. Sebagai tanaman hias, peace lili mampu membersihkan udara dari polutan farmaldahida dan benzema



10.   Krisan
Selain tampilan bunganya yang cantik, tanaman hias ini mampu menyerap poltan formaldahida, benzema dan mengeluarkan oksigen yang lebih banyak saat malam hari.

Sumber  : http://bundaberkebun.blogspot.co.id/2015/10/10-jenis-tanaman-hias-penyerap-polutan.html

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive