Cara Lengkap Membuat Bibit Buah Naga yang Benar

.
.
bibit-buah-naga.jpg
Tanaman Buah Naga

Petani TOP : Bagaimana cara membuat bibit buah naga? Tanaman buah naga (Hylocereus undatus) adalah tanaman kaktus-kaktusan yang berasal dari Benua Amerika. Tumbuhan ini biasanya hidup di daerah yang kering dengan kondisi media tanam agak berpasir. Tanaman buah naga dikenal akan buahnya yang terasa manis keasam-asaman dan segar.
Langkah pertama untuk membudidayakan buah naga adalah melakukan pembibitan. Karena kurangnya pengalaman, beberapa petani mengaku ragu membuat bibit tanaman yang dibutuhkannya sendiri. Padahal, tingkat kesulitan membuat bibit buah naga ini terbilang sangat mudah dan tingkat keberhasilannya pun relatif tinggi.
Ikuti panduan dari kami berikut ini :
Alat dan Bahan :
  • Pisau
  • Fungisida
  • Polybag
  • Tanah
  • Pasir
  • Pupuk kompos
  • Sekop mini
Langkah-langkah :
  1. Idealnya, tanaman buah naga indukan harus berusia cukup tua, pernah berbuah, kondisinya sehat, dan tumbuh secara normal. Kemudian carilah cabang tanaman yang memiliki kualitas paling baik dan sudah berkayu.
  2. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong cabang tanaman tadi dengan sekali tebas. Usahakan jangan menggoyang-goyang pisau karena akan menimbulkan luka koyakan. Setelah itu, kumpulkan cabang-cabang buah naga ini di tempat yang teduh supaya luka bekas potongan agak mengering.
  3. Setelah membiarkan selama 1-2 jam, anda bisa merendam cabang-cabang buah naga ini di fungisida. Tujuannya agar luka bekas potongan tadi tidak ditumbuhi jamur yang bisa mengakibatkan cabang buah naga membusuk. Proses perendaman ini dapat dilakukan selama 5-10 menit.
  4. Sembari menunggu waktu perendaman cabang buah naga, anda bisa menyiapkan media tanam. Tanaman buah naga cenderung menyukai struktur media tanam yang agak berpasir. Oleh karena itu, anda bisa membuat media tanam dari campuran tanah, pasir, dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1:1.
  5. Tempat penanaman pada proses pembuatan bibit buah naga ini sebaiknya menggunakan polybag agar biaya produksi lebih murah. Pastikan polybag yang dipakai mempunyai lubang-lubang kecil di bagian dasarnya sebagai saluran irigasi. Masukkan media tanam yang sudah diolah tadi ke dalam polybag hingga penuh. Hindari memadatkan media tanam karena buah naga lebih menyukai kondisi tanah yang remah.
  6. Cabang-cabang buah naga yang sudah direndam di dalam cairan fungisida lantas ditanamkan ke polybag masing-masing satu buah. Caranya, buatlah lubang tanam dengan kedalaman berkisar 10-15 cm dan diameter menyesuaikan cabang tanaman. Tancapkan cabang buah naga ini ke dalam lubang tanam, lalu kubur dengan tanah kembali. Pastikan posisi cabang-cabang tanaman ini dalam keadaan berdiri tegak alias tidak miring.
  7. Letakkan polybag-polybag pembibitan ini di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari langsung dan terhindar dari curah hujan yang tinggi. Perawatan bibit dilakukan dengan cara menyiramnya setiap 3 hari sekali atau media tanam dalam kondisi terlalu kering. Sama seperti tanaman kaktus lainnya, kondisi tanah yang lembab justru membuat batang tanaman ini membusuk.
  8. Tanda bibit buah naga sudah jadi adalah tumbuhnya cabang-cabang baru sebanyak 2-3 buah. Pada kondisi ini, tanaman buah naga sudah siap dipindahkan ke lahan terbuka untuk menjalani proses pembudidayaan tahap selanjutnya.

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive