Buah Alpukat, Buah Lezat yang Kaya Manfaat

.
.
Alpukat (Persea americana) adalah buah yang mempunyai kulit berwarna hijau sampai hijau gelap dan bertekstur kasar atau halus tergantuani varietas. Daging buah alpukat berkelir kuning kehijauan hingga kuning pucat. Rasa buah alpukat sangat khas seperti krim yang lembut di mulut.
buah-alpukat.jpg
Pohon Alpukat
Alpukat merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah. Pohonnya bisa tumbuh di berbagai kondisi tanah asalkan suhunya tidak terlalu dingin. Buah alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang menyehatkan bila dikonsumsi. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin B, vitamin E, vitamin K, dan kalium.
Namun ternyata, buah alpukat ini bersifat racun bagi sejumlah binatang. Kucing, anjing, kelinci, kuda, dan burung akan menderita sakit atau bahkan mati jika memakan buah alpukat ini. Hal ini dikarenakan alpukat mempunyai kandungan senyawa persin yang akan menjadi toksik apabila ditelan oleh hewan peliharaan pada umumnya.
Sebagai tanaman asli Meksiko, penduduk setempat memanfaatkan alpukat untuk membuat beranekaragam makanan. Salah satu yang paling terkenal adalah guacamole. Pada dasarnya, guacamole adalah saus yang terbuat dari alpukat dan rempah-rempah lainnya. Rasa guacamole begitu creamy karena memakai alpukat sebagai bahan utamanya.
Saat ini, pohon alpukat banyak dibudidayakan di negara-negara beriklim tropis termasuk Indonesia. Sama seperti buah apel, buah alpukat merupakan buah yang mahal dan menjanjikan keuntungan yang menggoda. Daerah-daerah yang terkenal sebagai penghasil alpukat antara lain Bogor, Temanggung, Malang, Pacitan, dan Soe.
Pohon alpukat bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 20 meter. Daunnya berbentuk oval meruncing, berwarna hijau pekat, dan berukuran 12-25 cm. Bunganya berwarna hijau kekuningan, berukuran 5-10 mm, dan agak tersembunyi. Sementara biji alpukat berbentuk bulat melancip dengan ukuran berkisar 5-6,4 cm.
Buah alpukat berjenis buni dan memiliki kulit yang agak kasar dengan warna hijau tua hingga ungu kecoklatan tergantung varietas. Buah alpukat berukuran 7-20 cm dan berbobot 100-1.000 gram. Buah alpukat terasa gurih-gurih manis dengan tekstur yang lembut.
Alpukat memiliki banyak kegunaan bagi manusia. Batangnya dapat digunakan sebagai kayu bakar. Bijinya merupakan pewarna alami yang tidak mudah luntur. Kulit batangnya juga sering dipakai sebagai pewarna tekstil untuk cokelat. Daging alpukat bisa diolah menjadi makanan, minuman, kosmetik, dan kecantikan. Bahkan alpukat adalah obat alami untuk sariawan dan kulit kering yang ampuh.
Daun alpukat sering dipakai untuk pengobatan alternatif dan herbal. Beberapa penyakit yang dipercaya bisa sembuh dengan daun alpukat contohnya kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, dan nyeri lambung. Sedangkan biji alpukat juga merupakan obat tradisional untuk kencing manis dan sakit gigi.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive